• About
  • Contact
  • Sitemap
  • Privacy Policy

apa itu Registry


Untuk sebagian orang yang biasa mengoperasikan computer, terkadang pada saat mereka mendengar kata REGISTRY, maka mereka akan mengeluarkan tanggapan negative tentang REGISTRY. Tapi memang benar sebagian yang dikatakan temen – temen anda tentang registry. Pada kali ini penulis akan mencoba untuk memperkenalkan Registry terlebih dahulu kepada para pembaca.
Registry merupakan jantung dari windows. Karena dari registrylah anda dapat mengontrol Sistem, Hardware, Desktop, Windows Explorer, Start Menu, dan Internet Explorer. Informasi database yang berada pada system operasi Microsft. Database tersebut menyimpan pengaturan pada computer anda.
Registry memiliki nama lain seperti Regedit atau Registri Editor. Untuk lebih mudah untuk penyampaiannya maka saya penulis menggunakan istilah registry saja karena seperti title diatas adalah Mengenal Apa Itu Registry Windows.
Selanjutnya kita akan mulai kepembahasan, untuk sebagian orang pasti tahu bagaimana membuka  tampilan jendela Registry ataupun RegEdit. Tapi sebagian orang tidak mengetahui untuk melakukannya. Berikut ulasan untuk membuka jendela registry.
Untuk Membuka Jendela Registry, yaitu :
  1. Klik Start > Run > Ketikan “regedit” (Tanpa Tanda Petik). Atau Win+R (Tekan Tombol dan tahan Windows pada keyboard lalu tekan tombol R pada keyboard.
  2. ENTER
  3. Maka Akan Muncul Tampilan Registry atau Registry Editor
Berikut Penjelasannya :
Pada Bagian Panel Sebelah Kiri, setiap sub folder berada dibawah My Computer dinamakan key, seperti HKEY_CLASSES_ROOT, HKEY_CURRENT_USER, HKEY_LOKAL_MACHINE, HKEY_USERS, dan HKEY_CURRENT_CONFIG. Setiap sub folder dibawah keydinamakan subkey, demikian seterusnya. Pada bagian panel sebelah kanan terdapat value yang akan dimanipulasi. Pada kesempatan ini penulis akan membahan 3 tipe value saja, yaitu Binary, DWORD, dan String Value. Sedangkan yang berada pada bagian kanan value merupakan data atau isi value.
Penulis minta maaf terjadi ketidak nyamanan pembaca pada gambar diatas. Maklum ga isa make PAINT. Hehehe. OK kita lanjut. Selain aturan yang telah diterapkan diatas, ada satu hal penting yang harus anda ketahui, yaitu jika subkey yang diperlukan tidak ada didalam sub key tersebut terlebih dahulu. Caranya , Klik Kanan Key diman sub key yang baru ingin dibuat kemudian pilih new > key begitu selanjutnya, jika anda akan membuat beberapa sub key.
Apabila anda tidak menemukan value yang anda inginkan, maka anda dapat membuat value tersebut. Caranya, klik kanan pada bagian kosong panel sebelah kanan. Kemudian, pilih new dan jenis value yang anda inginkan. Jenis value yang ada pada registry.
Terakhir adalah mengenai Data Value. Isi dari Data Value sangat menentukan manipulasi yang akan anda lakukan terhadapat registry computer anda. Untuk mendapatkan hasil manipulasi, anda harus menggantikan isi value sesuai dengan tuntunan yang penulis berikan.
Pada saat menggunakan registry, anda harus sangat berhati – hati karena registry merupakan otak dari sistem operasi pada computer anda. Oleh sebab itu, maka alangkah baiknya jika anda membuat backup-nya terlebih dahulu sehingga kesalahan yang mungkin terjadi dapat diperbaiki kembali.
Cara membackup registry adalah dengan memilih menu File > Export. Setelah kotak dialog Export Registry muncul, ketiklah nama file backupnya dan simpan pada folder yang anda inginkan, kemudian klik ok. Sedangkan untuk mengambil kembali file registry sebelumnya adalah dengan kebalikannya, yaitu memilih menu file > import.
Sekarang, keadaan registry anda sudah dapat dikatakan aman. Walaupun demikian, anda harus tetap berhati – hati dalam hal memanipulasi registry anda.
PerhatianYuk lihat Semua artikel di blog ini Daftar isi

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment

Silahkan KOmentar Dengan Baik Dan Sopan .

J-Theme